oleh

UPACARA TRADISI PEMBARETAN PRAJURIT INFANTERI DIKJURTA IF ABIT DIKMATA TNI AD GEL. II TA 2023 (OV) TA 2024

-berita-74 views

Ifargunung, Selasa, 24 September 2024 Pukul 08.00 WIT bertempat di Pantai Holtekamp telah berlangsung Tradisi Pembaretan Prajurit Infanteri Dikjurta If Abit Dikmata TNI AD Gel. II TA 2023 (OV) TA 2024. Dalam kegiatan tersebut Danrindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Zaiful Rakhman, S.H,. M.M. hadir sebagai Inspektur Upacara, perlu diketahui pendidikan Infanteri ini dilaksanakan untuk membentuk pasukan yang bekualifikasi Yuddhawastu Pramukha merupakan pengakuan dan penghargaan bagi Prajurit Infanteri sebagai Queen Of The Battle yang mampu mengasai taktik dan teknik peperangan sesuai Keinfanterian. siswa yang mengikuti pembaretan sebanyak 62 orang orang.

Dalam amanat Danpussenif Letnan Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Danrindam XVII/Cenderawasih Selaku Inspektur upacara pada Upacara Tradisi Pembaretan Prajurit Infanteri tersebut antara lain mengucapkan marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan Upacara Penutupan Yuddhawastu Pramuka Dikjurtaif Abit Dikmata TNI AD TA 2024 dalam keadaan sehat Wal’afiat dan selamat Baru saja kita ikuti bersama prosesi tradisi pembaretan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari perjalanan seorang Prajurit Infanteri. Berkenaan dengan itu, saya selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri beserta seluruh keluarga besar Korps Infanteri mengucapkan selamat atas pengesahan dan pemakaian baret serta Brevet “Yuddhawastu Pramukha”. Dengan telah disahkannya penggunaan baret dan brevet ini, merupakan suatu pengukuhan dan penghargaan serta lambang kehormatan bagi prajurit Infanteri yang memiliki kemampuan bergerak disegala medan.

Kualifikasi Yuddhawastu Pramukha merupakan latihan aplikasi taktik dan teknik Infanteri. selama latihan, para siswa telah mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dasar Prajurit InfanterI. siswa dilatih untuk bergerak di segala bentuk medan dan cuaca, memiliki kemahiran menembak, unggul dalam perkelahian perorangan serta kemampuan pioner yang memadai. disamping itu, siswa dilatih untuk menghadapi pertempuran jarak dekat dengan menggunakan senjata ringan. Dan Dikjurtaif ini bertujuan untuk mencetak Tamtama Infanteri yang unggul dalam rangka mengembangkan kemampuan Prajurit Infanteri yang handal, profesional dan proporsional. selain itu, untuk membentuk Tamtama Infanteri yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Tanggap, Tanggon dan Trengginas yang senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Prajurit Infanteri sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dan penekanan antara lain agar tingkatkan nilai-nilai keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mempedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam menjalankan setiap tugas dan kewajiban, Jangan pernah lupakan jati dirimu sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional dan jadilah Prajurit Infanteri sebagai perekat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah kebhinekaan dan keberagaman, Pelihara kesamaptaan jasmani serta tingkatkan kemampuan dan keterampilan bertempur serta tetap menjaga dan tingkatkan kebersamaan prajurit infanteri yang dilandasi disiplin, loyalitas dan kehormatan, Demikian amanat yang dibacakannya.

Pelaksanaan Tradisi Pembaretan Prajurit Infanteri Dikjurta If Abit Dikmata TNI AD Gel. II TA 2023 (OV) TA 2024 tersebut sendiri dihadiri oleh Distribusi A dan B Rindam XVII/Cenderawasih beserta Ketua Ketua Persit KCK Cab X Rindam PD XVII/Cenderawasih Ny. Sheika Zaiful Rakhman Beserta Pengurus Persit Rindam XVII/Cenderawasih.

Semua kegiatan berlangsung lancar dan aman sampai dengan selesai dan mendapat sambutan hangat oleh orang tua serta kerabat Siswa yang hadir dalam Upacara Tradisi Pembaretan tersebut.

News Feed